Pages

Kamis, 28 Juni 2012

Nikmatnya Uang Saku pas-pasan


Menjadi mahasiswa dengan uang saku yang pas-pasan kadang akan menjadi petaka jika kita tidak mampu mengelolanya dengan baik. Bahkan ada yang sampai menggadaikan keimanan dan harga dirinya untuk mendapatkan uang tambahan. Na’udzubillaahi min dzaalik. Semoga kita terhindar dari hal yang begituan. Bahasanya sih amit-amit jabang bayi..
Menjadi mahasiswa yang ber-uang saku yang pas-pasan menjadi salah satu rasa syukur saya pada Allah SWT. Bagaimana tidak, dengan memiliki uang saku yang pas-pasan saya harus benar-benar rajin untuk mengatur pengeluaran saya. Sekedar share ajja,Ini nih beberapa manfaat kalo kamu punya uang saku yang pas-pasan. Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya lo, kalo ada tambahan, complain, dari kamu ya monggo…
1.       Menjadikan kamu pengelola keuangan yang cakap
Iya donk, karena sebagai mahasiswa dnegan ekonomi yang pas-pasan, kita harus benar-benar mengatur pengeluaran kita, apa yang harus kita beli dengan sangat ketat dan teliti. Pelan tapi pasti kebiasaan kita menggunakan uang dengan teliti akan menjadikan kita pandai mengelola uang. Tapi bukan berarti itu menjadikan kita seseorang yang pelit lo ya. Semoga kita bukan termasuk orang yang pelit. Ingat…semakin besar harta yang kita shodaqohkan semakin mudah kita mendapatkan rezeki.
2.       Melatih untuk hidup sederhana tetapi berkualitas
Karena kamu akan membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan kamu. Toh tanpa barang ‘itu (yang kamu inginkan bukan yang kamu butuhkan)’ kamu juga bisa terus hidup dan berkarya
3.       Semangat tinggi untuk mencari penghasilan sendiri
Iya nih, karena uang saku yang terbatas jadi harus putar otak untuk mencari penghasilan tambahan, yang sesuai dengan hukum syara’ tentunya (rugi donk, kaya dunia, tapi di akhirat kelak akan menjadi insan yang kebagian neraka. Na’udzubillaahi min dzaalik).
4.       Bisa membuat kita sebagai cewek yang pandai mencoba resep-resep baru dengan rasa yang enak. Karena harus hemat. Itu kalo pilihan kita adalah memasak
5.       Dijamin hidupmu semakin sehat karena akan kesulitanuntuk membeli fast food, junk food, ataupun soft drink yang akibat jangka panjangnya bisa membuat tubuhmu rusak. Hiii..
6.       Membuat semangat belajar semakin meningkat
7.       Mendekatkan diri pada Allah
Kalo yang ini karena kita sering berdoa untuk dimudahkan rezeki kita. Eits,, tapi jangan sampai kita mendekatkan diri kepada Allah hanya karena kita ingin mendapatkan uang saku lebih, kamu pasti taulah… nerdoa plus mencari Ridlo-Nya. Betul kan??
Hal-hal diatas tergantung cara pandang kita memang. Kalo kita melihatnya sebagai peluang, niscaya akan menjadi peluang bagi kita. Tapi kalo kita melihatnya sebagai beban, juga akan menjadi beban bagi kita. Sebenarnya kita masih beruntung lo, mendapatkan uang saku dari orang tua, bayangkan orang-orang lain diluar sana, yang bahkan untuk makan sehari-hari ajja belum tentu mereka mendapatkannya.
Dan bagi kamu yang memiliki uang saku yang berlimpah, bersyukurlah. Karena Allah telah melebihkan rezekimu. Kamu juga bisa menjadi yang diatas.
                Karena itu semua adalah pilihan kita. Hanya ada dua jalan. Surga atau neraka. Hitam atoo putih. 

           Benar atau salah. Pilih atau tidak. Right??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar